CARA PEMASANGAN / PASANG WALLPAPER.DINDING

 CARA PEMASANGAN / PASANG WALLPAPER.DINDING
Wallpaper dipasang dengan cara ditempelkan pada dinding dengan menggunakan lem khusus. Sebelumnya, bersihkan dinding dan pastikan agar dinding kering untuk mempermudah pemasangan. Untuk dinding yang sudah bercat, sebaiknya bersihkan dinding dari cat lama dan gunakan plamur. Bila ada bagian dinding yang retak sebaiknya diperbaiki terlebih dahulu agar hasilnya baik. Gunakan lem secukupnya dan oleskan secara rapi. Lem yang berlebihan akan menyebabkan permukaan wallpaper tidak rata. 
Memasang wallpaper bukanlah hal yang mudah, maka bila Anda menginginkan hasil yang baik sebaiknya menggunakan jasa pemasang wallpaper yang sudah biasa mengerjakannya. Bila salah, Anda malah akan merusak wallpaper yang sudah dibeli atau hasilnya tidak memuaskan. Selain harus menggunakan lem dengan benar, harus juga diperhatikan sambungan-sambungan antar wallpaper sehingga tampak menyatu. Hal ini memerlukan ketelitian dan keahlian.
Langkah-langkah pemasangan wallpaper:
Bahan yang dibutuhkan:
-Pisau
-Spons
-Gunting
-Rol cat
-Ember
-Air
-Pensil
-Penggaris
-Tali pengukur tegak lurus
-Pisau semen
-Tangga
-Penampung air

Cara memasang wallpaper 
1. Ukurlah berapa banyak wallpaper yang Anda butuhkan. Biasanya tergantung ukuran ruangan. Toko wallpaper biasanya bisa menentukan berapa banyak wallpaper yang Anda butuhkan dari ukuran tinggi dan keliling ruangan.
2. Baca instruksi yang terdapat pada gulungan wallpaper dengan seksama. Singkirkan semua perabotan yang ada di ruangan yang akan dipasangi wallpaper.
3. Siapkan bagian yang akan dipasangi wallpaper. Bila dinding rumah pernah dipasangi wallpaper, bukalah wallpaper lama dengan cara menarik potongannya. Wallpaper usang biasanya mudah dikelupas dengan tangan. Namun bila sukar, dapat dipakai pemanas untuk mengelupas. Jangan lupa kenakan sarung tangan karet untuk menghindari panas. Setelah pengelupasan selesai, bersihkan sisa-sisa lem pada dinding dengan bantuan spons dan air. Lem yang masih menempel akan merusak kehalusan pekerjaan dan kerapian wallpaper yang baru dipasang.
4. Setelah dinding kering dan licin lapisi dinding dengan pelindung latex atau akrilik dan biarkan kering selama 24 jam.
5. Sebelum mulai menggantung wallpaper, ukurlah terlebih dulu letak wallpaper. Gunakan pengukur tegak lurus dan penggaris untuk menetapkan letak dan ketepatan wallpaper. Buatlah garis samar dengan pensil dengan jarak 48 cm dari pojok dinding. Mulailah pekerjaan dari bagian yang ditandai ini.
6. Buka gulungan wallpaper dan potong sesuai tinggi dinding, tambahkan 10 cm ke atas dan ke bawah. Jika wallpaper tak dilengkapi perekat, celupkan gulungan dalam penampung air. Goyang-goyangkan gulungan dengan memegang kedua ujung wallpaper.
7. Tempelkan wallpaper sesuai garis batas yang telah ditandai pensil. Ratakan dengan spons mulai dari tengah ke ujung. Ratakan lagi wallpaper di bagian ujung dinding dan potong sisa kelebihannya. Untuk meratakan hasil potongan, gunakan pisau semen sebagai alas dan potonglah bagian yang tidak rata dengan pisau.
Selamat memasang wallpaper baru.


10 Langkah Memasang “Wallpaper” Sendiri

tpi cara pasang wallpaper dinding sendiri
tips cara pasang wallpaper dinding sendiri
Bingung Ingin pasang wallpaper sendiri? Tenang, Anda bisa melakukannya. Melalui wallpaper, dinding memang bisa menjadi wadah menguji kreatifitas Anda. Untuk menjadikan dinding terlihat berbeda atau memiliki focal point, permainan wallpaper memang tepat. Merancangnya sendiri pun tidak sulit. Ikuti 10 langkah dalam pasang wallpaper dinding sendiri berikut ini:
Peralatan
Siapkan peralatan yang diperlukan, seperti alas plastik, tangga, cutter, pensil, penggaris dan meteran, benang dengan pemberat, lem wallpaper, bak untuk adukan lem (2 buah), spons, kuas lem, roller,amplas, dan kape untuk meratakan dinding.
Lem
Setelah bidang dinding atau permukaan siap, campur lem dengan air. Buatlah dalam dua bak terpisah, yaitu lem untuk bagian sambungan dan lem untuk keseluruhan. Lem bagian sambungan lebih kental, sehingga daya rekatnya lebih tinggi.
Pengukuran
Ukur panjang dan lebar bidang yang akan dilapisi wallpaper. Sesuaikan lebar bidang dengan lebarwallpaper. Lebihkan kira-kira 1 sampai 1,5 sentimeter untuk bagian sambungan.
Pemotongan
Potong panjang wallpaper menjadi panel-panel, namun disesuaikan dengan kebutuhan. Lihat petunjuk pemasangan pada kertas keterangan di setiap kemasan yang menjelaskan cara menyerasikan motif antarpanel atau potongan wallpaper.
Posisi
Tandai posisi wallpaper dengan pensil. Gunakan alat bantu berupa benang dengan alat pemberat agar lurus dan rapi.
Melapisi
Setelah ditandai, sapukan lem dengan roller pada permukaan bidang yang akan dilapisi wallpaper.Lakukan tahap ini perlahan-lahan.
Menempel
Tempel wallpaper dengan hati-hati. Perhatikan marking yang telah Anda buat sebelumnya memakai pensil.
Sambungan
Pada bagian sambungan, gunakan lem yang lebih kental. Sapukan dengan kuas khusus pada bagian ini.
Meratakan
Ratakan wallpaper yang telah terpasang dengan penggaris akrilik. Potong sisa wallpaper dengan cutter. Gunakan spons untuk menyerap kelebihan lem. Proses ini juga berfungsi untuk meratakanwallpaper.
Cek
Setelah terpasang, cek sekali lagi untuk memastikan kerapiannya, terutama pada bagian sambungan dan sudut.
Selamat mencoba!
(Sumber: Seri Rumah Ide/Imelda Akmal/Architectural Writer Studio/Gramedia Pustaka Utama)
Sebelum memasang wallpaper ada baiknya kita mengenal jenis dan bahan wallpaper dinding rumah yang akan kita pasang agar didapatkan hasil yang ideal