Baja Ringan untuk Carport dan Baja Ringan untuk Kanopi

Baja Ringan CARPORT dan KANOPI

Baja ringan umumnya dikenal untuk struktur rangka atap rumah, kantor, atau bangunan publik lainnya. Berdasarkan data Idea Online, dalam pengamatan yang dilakukan akhir tahun lalu menunjukkan bahwa tidak kurang dari 90% proyek perumahan yang sedang dibangun saat itu menggunakan baja ringan untuk rangka atap. Padahal baja ringan bisa juga diaplikasikan untuk hal lain, misalnya saja rangka penutup carport dan kanopi.
Menurut arsitek Probo Hindarto, kanopi merupakan sebuah bangunan menjorok ke depan seperti rumah, kantor, bahkan restoran. Fungsi utamanya adalah memberi perlindungan bagi rumah untuk jendela, pintu, dan ventilasi udara dari segala jenis cuaca panas dan hujan. Seiring perkembangan zaman, bahan kanopi menjadi kian beragam, misalnya dari genting, bahan sirap (kayu), vinil, polikarbonat, kain, plastik, dak beton, seng, dan fiber semen. Beragamnya jenis bahan ini memudahkan konsumen dan arsitek memilih sesuai kebutuhan.(astudioarchitect.com)

Dalam ilmu lingkungan, kanopi, yang bisa berada di ketinggian 100 kaki (30 m) dari atas tanah, terbentuk oleh cabang-cabang dan dedaunan pohon-pohon hutan hujan yang saling tumpang tindih. Para peneliti memperkirakan bahwa 70-90% dari kehidupan di hutan hujan ditemukan di pepohonan, ini membuatnya menjadi habitat terkaya bagi kehidupan tumbuhan dan hewan. Banyak hewan terkenal termasuk monyet, katak, kadal, burung, sloth, dan kucing kecil ditemukan di kanopi. (http://world.mongabay.com)
Sementara itu carport adalah struktur, beratap terbuka-sisi dibuat untuk menyimpan setidaknya satu mobil yang diparkir, van, truk, kapal, trailer atau kendaraan rekreasi (RV). Carports berbeda dari garasi di sisi terbuka daripada bertembok. Tidak ada kebutuhan untuk garasi pintu dan pembuka pintu garasi carport mungkin, namun tidak seperti garasi, carports seringkali tidak memiliki banyak ruang penyimpanan. carport mungkin dilampirkan pada sisi bangunan atau mungkin berdiri bebas. Banyak carports terletak di depan rumah terkemuka di dari jalan masuk utama, sementara yang lain ditempatkan di samping atau halaman belakang dan memiliki kotoran, beton, kerikil atau jalan masuk beraspal. carport ini pertama kali diciptakan pada tahun 1936 oleh arsitek Amerika terkenal Frank Lloyd Wright. Carports dapat dibangun dari kayu, vinil , aluminium atau baja, tetapi carports baja sering dianggap sebagai yang terkuat dan paling tahan lama. baja Galvanized carports dengan sepotong-satu atap menawarkan sebuah seng selesai untuk melawan karat ditambah konstruksi atap yang kokoh. atap carport dengan banyak bagian mungkin tidak padat. (www.wisegeek.com).
Dalam en.wikipedia.com, carport adalah struktur tertutup yang digunakan untuk memberikan perlindungan terbatas pada kendaraan , terutama mobil , dari unsur-unsur. Struktur dapat menjadi berdiri bebas atau melekat pada dinding. Tidak seperti kebanyakan struktur carport tidak memiliki empat dinding, dan biasanya memiliki satu atau dua. Carports memberikan perlindungan terhadap mobil kurang aman dari garasi, tetapi memungkinkan untuk ventilasi lebih. Istilah Carport ini diciptakan oleh arsitek terkenal Frank Lloyd Wright , ketika ia mulai menggunakan carport untuk pertama “nya Usonian “rumah; rumah Herbert Jacobs, dibangun di Madison, Wisconsin, pada tahun 1936. Dalam menggambarkan carport, ia berkata kepada Mr Jacobs, “Sebuah mobil bukan kuda, dan tidak memerlukan gudang. Dia kemudian menambahkan, “Mobil yang dibangun cukup baik sekarang sehingga mereka tidak memerlukan tempat berlindung rumit. Melihat kembali pada kehidupan di tahun 1936, mudah untuk membayangkan mobil sebelum saat ini tidak sepenuhnya ketat, era perakitan, bahan maju, dan garis penutupan sempurna itu masih 50 tahun ke depan. Mr Jacobs menambahkan: “murah kami mobil bekas telah berdiri sepanjang musim dingin di pinggir jalan, sering kali dalam cuaca jauh di bawah nol (Fahrenheit) carport A adalah benar-benar mewah untuk itu..”
Semua jenis carports memiliki sisi terbuka, namun perlindungan cuaca yang mereka tawarkan kendaraan tersebut cukup di kebanyakan daerah. Meskipun garasi biasanya menawarkan lebih banyak ruang rak dan penyimpanan, carports lebih besar memungkinkan beberapa ruang untuk pilihan ini. Karena carports yang beratap, namun juga membuka di sisi, beberapa orang ingin menambahkan piknik outdoor meja untuk makan hari hujan jika carport yang terletak dekat dapur.
Perkembangan material serta banyaknya pilihan membuat beberapa costumer mengalihkan pilihan pada baja ringan untuk konstruksi carport-nya. Salah satu sebuah rumah di Kopo, konstruksi penutup carport-nya menggunakan material baja ringan.
Mudah Pemasangannya
Seperti yang dituliskan dalam Idea Online bahwa membuat rangka penutup carport menggunakan baja ringan juga tidak sulit. Untuk membangun penutup carport-nya yang berlantai keramik itu, hanya dibutuhkan waktu 3 hari dengan 2 tukang per harinya. Yang penting harus ada gambar desain dan ukurannya. Tukang hanya perlu memotong-motong batangan baja sesuai dengan ukuran yang tertera di gambar, lalu merangkainya menjadi sebuah rangka penutup carport menggunakan skrup khusus. Begitu juga alat yang digunakan tidak ada yang khusus. Untuk memotong batangan baja misalnya, menggunakan gergaji besi biasa. Tentu saja tukang yang mengerjakannya juga harus terlatih, setidaknya sudah mengerti cara pemasangan rangka atap baja ringan, memotong dan merangkai menjadi sebuah struktur konstruksi. (Dari berbagai sumber)
contohpenggunaan baja ringan pada  carport dan canopy
baja ringan kanopi
picture form: forum.tamanroyal.com
baja ringan carport
carport baja ringan (dok.nurcahya)

http://www.ilmusipil.com/baja-ringan-carport-dan-kanopi

No comments:

Post a Comment