material bangunan pengganti batu bata merah

Material Bangunan Pengganti Batu Bata

Batu bata merupakan material bangunan yang sudah banyak dikenal oleh kalangan masyarakat Indonesia. Batu bata juga sudah digunakan sebagai bahan utama dalam banyak proses pembangunan di Indonesia sejak dahulu karena batu bata dibuat dengan tanah liat yang memiliki kepadatan tinggi sehingga dapat membuat bangunan dapat bertahan lama dengan menggunakan batu bata tersebut.
Namun sesuai dengan berkembangnya waktu, dalam membuat proses pembangunan di Indonesia dibutuhkan waktu yang cepat dan tentunya dengan kualitas bangunan yang baik. Proses pembangunan dengan menggunakan batu bata tidak hanya memakan waktu lama tetapi juga merupakan pemborosan dalam hal tenaga kerja.

Batu Bata Merah / Batako / Bata Ringan (Hebel) atau S-Panel / Panel EPS (Expanded PolyStyrene) VS MPANEL

Untuk Dinding Rumah Anda

BATU BATA MERAH
Penggunaan bata merah sebagai bahan pengisi dinding bangunan sudah umum kita lihat diberbagai bangunan dari dulu hingga kini. Bahan material ini, hingga sekarang sepertinya masih menjadi pilihan utama masyarakat kendati sudah banyak penemuan dalam bidang teknologi bahan seperti bata ringan, batako press, dsb

BATAKO SEMEN PC/ BATAKO PRESS
Material dinding dari batako ini umumnya dibuat dari campuran semen dan pasir kasar yang dicetak padat atau dipress. Selain itu ada juga yang membuatnya dari campuran batu tras, kapur dan air. Bahkan kini juga beredar batako dari campuran semen, pasir dan batubara. Dengan bahan pembuatan seperti yang telah disebutkan, batako memiliki kelemahan yaitu kekuatannya lebih rendah dari bata merah

BATA RINGAN (HEBEL/CELCON)
Bata ringan atau sering disebut hebel atau celcon dibuat dengan menggunakan mesin pabrik. Bata ini cukup ringan, halus dan memilki tingkat kerataan yang baik. Bata ringan ini diciptakan agar dapat memperingan beban struktur dari sebuah bangunan konstruksi, mempercepat pelaksanaan, serta meminimalisasi sisa material yang terjadi pada saat proses pemasangan dinding berlangsung

S-Panel / Panel EPS ( Expanded PolyStyrene)
S-Panel / Panel EPS (Expanded PolyStyrene), Generasi Terbaru Technology Material dan Konstruksi kini hadir di Indonesia 

 Evolusi dalam material bangunan pada saat ini telah bisa menghemat banyak sekali waktu dan biaya dalam menyelesaikan suatu konstruksi. S-Panel / Panel EPS (Expanded PolyStyrene)  yang jauh lebih efisien kini telah hadir di Indonesia. S-Panel yang kami tawarkan adalah light weight panel telah disempurnakan dan digunakan di Cina daratan, Kanada, New Zealand, Australia, Amerika Latin dan sebagainya, dimana pekerjaan konstruksi hotel puluhan lantai bisa diselsaikan dalam waktu "HANYA BEBERAPA HARI" (di Cina)


MPANEL 

Komponen & Bahan MPANEL
Komponen & Bahan MPANEL
Sistem konstruksi MPANEL adalah berdasarkan serangkaian panel-panel EPS (Expanded Polystryene) dan jaring kawat baja yang di galvanized (agar tidak berkarat). Bentuknya telah didesain khusus untuk digunakan dengan plaster tradisional atau struktural (spritz beton) yang dilakukan setalah pemasangan panel di lokasi proyek.
MPANEL menyediakan sistem panel-panel modular siap pakai untuk pemasangan yang lebih cepat dibandingkan dengan sistem konvensional. Sistem MPANEL memenuhi fungsi struktural dan fungsi daya tahan beban, menawarkan daya tahan yang tinggi terhadap suhu dan kebisingan serta menyediakan beragam jenis bentuk dan model untuk memberikan fleksibilitas dalam penentuan desain.

Saat ini di Indonesia, dengan teknologi terbaru yang sudah berkembang di negara eropa dapat membuat proses pembangunan lebih cepat dan dengan kualitas bangunan yang baik. Dengan teknologi itu tersebut dibuatlah sebuah material bangunan dengan bahan utama Expanded Polystyrene System (EPS) dan kawat baja yang sudah digalvanis (agar tidak berkarat) pada setiap sisi dan juga dalamnya.
Expanded Polystyrene System sendiri merupakan bahan sejenis sterofoam, sama secara fisik namun berbeda dalam bahan pembuatannya. EPS dibuat dengan kepadatan yang lebih padat dan dengan zat adiktif khusus sehingga EPS ini tidak menjalarkan api ketika dibakar. Sedangkan sterofoam biasa akan menjalarkan api ke seluruh bagian badannya apabila dibakar dengan api.Material bangunan ini kami sebut sebagai ‘Panel Bangunan’ dengan nama MPANEL. MPANEL berfungsi sebagai pengganti material batu bata yang dapat dijadikan sebagai dinding, partisi, tangga, lantai, atap dan juga yang lainnya. MPANEL sebagai material bangunan hanya berbentuk lembaran-lembaran panel dengan lebar 1,2 m dan tinggi maksimal 9 m (panel untuk dinding). Dengan lembaran panel yang sudah tersedia maka proses pembangunan dapat lebih cepat dengan hanya mendirikan panel tersebut. Hal ini berbeda dengan batu bata yang membutuhkan waktu lama untuk menyusun bata tersebut sampai berdiri tegak lurus.