Memilih nama perusahaan kontraktor bangunan

 Memilih nama perusahaan kontraktor bangunan

Mendirikan perusahaan PT kontraktor ternyata mudah namun bisa juga dibilang sulit :-) karena diperlukan keberanian dan sedikit tips pengetahuan khusus dalam membuatnya. termasuk dalam hal cara memilih nama perusahaan kontraktor bangunan yang cocok digunakan sebagai merek brand usaha kita. nah.. disini kita uraikan hal-hal yang berkaitan dengan proses pemilihan nama PT ini.



Syarat nama PT

Setelah menanyakan pada notaris ternyata ada peraturan khusus yang harus dipenuhi  dalam memilih nama perusahaan kontraktor yaitu berdasarkan undang-undang Indonesia nomor 40 tahun 2007 pasal 16, intinya perusahaan tidak boleh menggunakan nama PT dengan rincian sebagai berikut:

    Nama yang akan digunakan tidak boleh sama dengan nama yang sudah digunakan secara sah oleh perseroan lain.
    Nama tidak boleh bertentangan dengan ketertiban umum serta norma kesusilaan.
    Tidak boleh sama atau mirip dengan lembaga negara,lembaga pemerintah atau lembaga international tetapi masih tetap dapat menggunakan nama tersebut dengan syarat mendapat izin dari pihak yang bersangkutan.
    Nama harus  sesuai dengan maksud dan tujuan kegiatan usaha.
    Tidak disetujui jika menggunakan angka atau rangkaian huruf yang tidak membentuk kata.
    Perseroan tidak boleh memakai nama yang mempunyai arti sebagai perseroan, badan hukum atau persekutuan perdata.



Peraturan tersebut dibuat untuk melindungi secara hukum kepada perseroan terbatas yang sudah memakai nama tersebut dalam akta pendirian dan anggaran dasar perusahaan sudah mendapat pengesahan dari kementrian Hukum dan HAM RI. dalam memilih nama perusahaan kontraktor ini perlu menyiapkan 2 sampai 3 nama untuk diajukan kepada notaris sebagai jaga-jaga apabila alternatif nama pertama tidak bisa dipakai jadi bisa digantikan dengan nama cadangan.



Biaya pendirian perusahaan kontraktor lewat notaris

Dalam proses pembuatan PT ini kita akan sering berhubungan dengan notaris untuk keperluan konsultasi dan pengurusan dokumen, rata-rata biaya pendirian PT dijakarta sebagai berikut :

    Kontraktor kecil = Rp.8.000.000,00
    Kontraktor menengah = Rp.10.000.000,00
    Kontraktor besar = Rp.14.000.000,00



Apa yang dilakukan notaris

Sebagai pendiri kontraktor tugas kita hanya menyiapkan dokumen, biaya pendirian dan persiapan lainya. karena untuk urusan pendirian sudah dilakukan sepenuhnya oleh notaris dengan rincian kegiatan sebagai berikut

    Pengecekan dan pemesanan nama perusahaan kontraktor
    Persetujuan pemakaian nama perusahaan yang diusulkan.
    Pembuatan draft anggaran dasar perusahaan.
    Membuat Akta pendirian PT.
    Legalisir foto copy akta pendirian yang dilakukan oleh notaris.
    Pengurusan NPWP kependekan dari nomor pokok wajib pajak.
    Surat keterangan telah terdaftar sebagai wajib pajak di Indonesia.
    Keluarnya SK Mentri Hukum dan HAM RI
    Pengurusan SIUP ( Surat izin usaha perdagangan )
    Pembuatan TDP ( Tanda daftar perusahaan )
    Pengurusan ke BNRI & TBNRI ( berita negara Republik Indonesia )

Untuk perusahaan yang mengikuti thender proyek pemerintah juga disyaratkan untuk mempunyai

    SKA ( sertifikat keahlian ) atau SKT ( sertifikat ketrampilan ) untuk tenaga ahli.
    SBU yaitu sertifikat badan usaha yang terakreditasi lembaga pengembangan jasa konstruksi ( LPJK )
    IUJK yaitu izin usaha jasa konstruksi yang dikeluarkan oleh daerah tempat domisili perusahaan atau atau lokasi kantor pusat kontraktor.

Lama proses pendirian kontraktor berkisar antara 16 hari sampai dengan 60 hari kerja, namun bisa memerlukan lebih panjang karena beberapa sebab yang perlu dihindari  :-(



kontraktor

Demikain uraian tentang cara memilih nama usaha kontraktor dan sekilas tentang proses pendirian perusahaan, semoga bermanfaat bagi para sarjana teknik sipil yang hendak menciptakan lapangan kerja baru, dan bagi yang sudah berpengalaman dalam hal pendirian kontraktor bangunan bisa berbagai disini agar dapat menjadi referensi sekaligus penyemangat calon-calon direktur baru dibidang bangunan :-)

Mandor, Tukang, Pemborong, Bangunan, KONTRAKTOR PELAKSANA, PROFESIONAL MUDA, DI, SURAKARTA, SOLO, SRAGEN, KARANGANYAR, BOYOLALI, SALATIGA, YOGYAKARTA, JOGYA, Klaten, SEMARANG, KAMI BERGERAK DALAM PEGADAAN BARANG & JASA : PAGAR PANEL BETON, GYPSUM, RANGKA ATAP BAJA RINGAN, PAVING, WATERPROOFING, WALLPAPER DINDING, JASA TUKANG/MANDOR/PEMBORONG BANGUNAN, PROFESIONAL.. ANDA UNTUNG, KAMI UNTUNG KERJASAMA YANG BAIK DAN TANGUNG JAWAB

No comments:

Post a Comment