Solusi Buat Garasi ? Gunakan Carport

Solusi Buat Garasi ? Gunakan Carport

Hari ini anda mungkin sedang senang-senangnya mengamati rumah anda dari depan. rumah baru, cat baru, desain taman hasil kreasi sendiri. Sayang, sepertinya ada yang kurang.

Setelah lama mengamati, barulah anda tersadar ternyata mobil baru anda belum memiliki tempat yang sesuai, garasi mobil.

Padahal tanpa garasi, cat mobil anda akan cepat rusak karena terkena sinar matahari dan air hujan secara langsung. Tetapi bila hanya ditutupi kain penutup mobil, anda merasa penampilan rumah anda menjadi berkurang keindahannya.

Jika solusinya adalah membuat garasi, anda merasa bahwa rumah mungil anda tidak memiliki lahan yang memungkinkan. Berbeda dengan garasi yang tertutup, pembuatan carport menjadi solusi bagi anda yang memiliki mobil tetapi lahan terbatas.

Carport yang posisinya menjorok ke luar bangunan utama, terkait erat dengan desain rumah. Selain fungsional, carport yang didesain menyerupai pergola akan meningkatkan kualitas fasad rumah, sehingga dapat mempercantik rumah anda.

Sebelum anda mulai memilih material carport, ada baiknya anda mencermati terlebih dahulu rancangannya agar selaras dengan rumah anda. Pemilihan material carport bisa anda mulai dengan pemilihan finishing lantai dan penutup atap.

Lantai carport bisa menggunakan bahan yang meneruskan air, atau material yang sama sekali kedap air. Apapun material lantai yang anda pilih, sebaiknya aman dalam segala kondisi dan cuaca.

Adapun jenis penutup lantai yang dapat anda aplikasikan yaitu keramik bertekstur kasar, batu alam, koral sikat dan conblok. Untuk model penutup atap beragam jenisnya. Anda bisa memilih transparan, tertutup atau yang bisa keduanya.

Apapun material yang anda gunakan untuk konstruksi carport anda, sebisa mungkin jangan hanya memperhatikan kecantikan penampilannya saja, tetapi juga kekuatannya. Karena kekuatan lantai dan kekokohan atap carport anda justru merupakan hal yang terpenting untuk fungsi penggunaan yang lama.

Untuk itu ada 3 hal yang perlu anda perhatikan agar keamanan carport anda terjamin yaitu ukuran, kekuatan menanggung beban dan ketepatan memilih material yang digunakan.

Secara fungsional carport sangat berguna untuk menyeimbangkan bentuk rumah anda. Bisa sebagai entrance ke area rumah, maupun menjadi area transisi dari ruang eksterior ke ruang interior. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai tempat merawat kendaraan seperti mencuci maupun memperbaikinya.

Juga pada saat-saat tertentu dapat diubah fungsi menjadi tempat pertemuan keluarga seperti arisan maupun pesta syukuran. Karena fungsi yang terakhir ini, maka jenis bahan penutup lantai yang nantinya akan anda pilih, selain kesat (tidak licin) juga harus mudah dibersihkan.

Letak carport bisa dibuat di samping atau halaman depan rumah anda, karena merupakan bagian dari rumah dan langsung terlihat dari jalan, desain carport harus terlihat harmoni dengan tampak depan atau fasade rumah anda.

Sehingga carport yang menawan akan memberi nilai tambah pada tampilan rumah anda, jangan sampai justru membuat fasade rumah anda yang sudah berkarakter menjadi berantakan.

Yang perlu anda perhatikan saat merancang konstruksi carport anda, antara lain :

1. Drainase dan kemiringan.
Tujuannya agar carport anda tidak digenangi air, setelah anda mencuci mobil anda atau mungkin ketika anda menyiram tanaman kesayangan anda yang tepat di sebelah carport.

2. Ramp (landasan miring).
Tujuannya untuk menghindari tergelincirnya mobil atau terantuk sudut jalan yang tinggi di depan carport. Landasan ini perlu diperkuat jika rumah anda berada lebih tinggi dari jalan di depan rumah.

3. Pergola yang kokoh.
4. Elemen struktur.
5. Dimensi kolom.
6. Jarak antar kolom.
7. Jarak antar balok.

Untuk mengetahui lebih detil hal-hal mengenai konstruksi carport anda, anda bisa konsultasikan hal tersebut dengan konsultan arsitek anda.

Selamat menikmati tampilan rumah anda saat ini. Mobil anda mungkin sudah bisa tersenyum karena telah memiliki tempat naungan yang kokoh, aman, nyaman dan terlindungi dari sinar matahari. Sebuah garasi mobil minimalis yang indah.

No comments:

Post a Comment